Selasa, 31 Mei 2016

Desa Wisata Panusupan Rembang Purbalingga
Desa Panusupan berada di kecamatan Rembang, Purbalingga. Panusupan merupakan salah satu desa yang memiliki banyak peninggalan purbakala dan keragaman seni masyarakat yang masih terjaga hingga kini dan juga sebagai kawasan wisata religi. Di Panusupan anda bisa menemukan beragam atraksi seni budaya serta melihat beragam kerajinan yang diolah masyarakat setempat. Untuk menjangkau desa ini dari pusat kota diperlukan waktu sekitar 30 menit.
Ketika berkunjung ke desa Panusupan anda dapat melakukan beragam aktifitas seperti kegiatan tracking  ke puncak bukit Ardi Lawet dan berpetualang ke ari terjun, mengunjungi sentra produksi gula merah, pembuatan batu akik, mengenal peninggalan batu purbakala, dan pembuatan suvenir khas Panusupan. Desa panusupan juga dapat dijadikan sebagai lokasi outbound ataupun camping di kawasan obyek wisata Wanatirta hingga aktifitas river trekking pada sungai yang membentang di desa tersebut.
Beragam kesenian di desa Panusupan kini dikemas sebagai paket wisata edukasi sehingga para pengunjung dapat belajar karawitan, khotekan lesung, melihat tari Dayakan, dan tarian Lengger Unil guna memberikan pembekalan dan pengetahuan tentang kearifan lokal di desa Panusupan.
Desa Panusupan juga merupakan salah satu desa yang menjadi tujuan utama para peziarah di wilayah Purbalingga dan sekitarnya yaitu dengan mengunjungi makam Syekh Jambu Karang yang merupakan salah satu tokoh penyebar Islam di Purbalingga. Lokasi makam terseubt berada diatas bukit Ardi Lawet  dan disini juga anda dapat menjumpai gugusan Batu Tegak dengan tinggi lebih dari 10 meter yang nampak menyangga bagian bawah makam tersebut. Selain itu, karena tingginya lokasi makam maka tiap pengunjung juga dapat melihat bentang panorama alam yang indah dari atas bukit tersebut.

Situs Purbakala

Panorama Pesona Alam
Hasil gambar untuk pesona alam desa wisata panusupan purbalingga
Wisata Reliji Ardi Lawet panusupan
Kebudayaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar